PROFIL SEKSI TARBIYAH TAHUN 2010/2011 - Blognya Santri Al-Qodiri

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 28 Oktober 2016

PROFIL SEKSI TARBIYAH TAHUN 2010/2011

PROFILE  SEKSI TARBIYAH PUTRA
PONDOK PESANTREN AL-QODIRI 1 JEMBER
MASA ABDI 2010-2011M / 1431-1432H
 



*    KEDUDUKAN
Kedudukan Seksi Tarbiyah Putra Pondok Pesantren Al-Qodiri I Jember adalah : Sebagai kepanjangan tangan dari Pengurus Putra Pondok Pesantren Al-Qodiri I Jember, yang secara tidak langsung membantu pengasuh dalam menangani masalah-masalah pendidikan di Pondok Pesantren Al-Qodiri I Jember.

*  FUNGSI
Fungsi Seksi Tarbiyah Putra Pondok Pesantren Al-Qodiri I Jember adalah : Sebagai koordinator dan pengawas dalam kegiatan pendidikan, khususnya Majelis Ta’lim, Wajib Belajar  dan kegiatan-kegiatan extra lainnya.

*  VISI
             Menjadikan Santri sebagai insane kamil yang berdasarkan Ilmu, Iman, Taqwa dan Akhlaqul Karimah.

*  MISI
Ø  Mengembangkan potennsi santri secara optimal melalui proses pendidikan yang efektif dan efisien
Ø  Melaksanakan dan menghayati ajaran-ajaran Islam, sebagai sumber pemikiran dan bertindak
Ø  Melaksanakan kegiatan belajar mengajar, sebagai modal membentuk Insan kamil.


*    MOTTO
Ø                           كن عالمااومتعلمااوسامعاولاتكون رابعا

*    SEMBOYAN
            TALK LESS DO MORE
            ( Sedikit bicara banyak bekerja ).



PROGRAM KERJA  SEKSI TARBIYAH PUTRA
PONDOK PESANTREN AL-QODIRI 1 JEMBER
MASA ABDI 2010-2011M / 1431-1432H
 


*      JANGKA PENDEK
Ø HARIAN
1.      Mengoptimalkan kegiatan Majelis Ta’lim dan Wajib Belajar
2.      I’lanat setiap akan dilaksanakannya Majelis Ta’lim dan Wajib Belajar
3.      Mengontrol santri setiap kegiatan Majelis Ta’lim dan Wajib Belajar
4.      Penertiban kitab setiap kegiatan Majelis Ta’lim dan Wajib Belajar
5.      Tahkiman Harian
6.      Mengkoordinir Nadzoman sebelum Majelis Ta’lim dimulai
7.      Penertiban Pakaian dalam kegiatan Majelis Ta’lim dan Wajib Belajar
8.      Mencari Guru badal/mengisi jam kosong.
Ø  MINGGUAN
1.      Diba’iyah / Khitobah ( Setiap malam selasa setelah Jama’ah Sholat Maghrib )
2.      Khotmil Qur’an ( Setiap hari jum’at )
3.      Tahkiman ( Setiap malam ahad ).
Ø  BULANAN
1.      Musyawarah rutin ( Intern antar personil Tarbiyah )
2.      Musyawarah rutin dengan pengurus pesantren ( Penasehat Seksi Tarbiyah )
3.      Musyawarah rutin ( Dengan ketua kelas dan sekretaris ).

*          JANGKA MENENGAH
Ø  TRIWULAN
1.Musyawarah rutin dengan pengurus daerah ( Pengdar )
2.Penentuan tingkat keaktifan dalam kegiatan Majelis Ta’lim dan Wajib Belajar.
Ø  SEMESTER
1.Pemeriksaan kitab ( Semester Satu )
2.Pemeriksaan kitab dengan maknanya ( Semester Dua )
3.Musyawarah dengan Tarbiyah Putri.

*          JANGKA PANJANG
Ø  TAHUNAN
1.Membuat Jadwal Majelis Ta’lim ( Awal Tahun )
2.Lomba Pendidikan dan The Best antar Santri Putra Vs Putri ( Akhir tahun ).
Ø  KONDISIONAL
1.Mengadakan DIKLAT ( Pendidikan dan Latihan ) seputar keagamaan
2.Mengadakan Batsul Masa’il.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here